Selasa, 29 Mei 2012

TUGAS KEWIRAUSAHAAN (BUSINESS PLAN) STUDIO DAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR MUSIK

1. PENDAHULUAN 1.1 Sejarah Berdirinya Usaha Dalam perkembangan era tahun tahun sekarang ini kini musik bukanlah hal asing. Musik berkembang begitu pesat mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Maka dari hal itu sangat tidak wajar kalau umuran seperti sekarang ini kita kalah ditelat pepopuleran musik saja.oleh karena itu kami mengkhusukan untuk semua kalangan yang ingin ikut “nimbrung” didalam belantika musik entah itu hanya sekeddar bisa ataupun ikut ke jenjang yang profesionalitas, kami dapat membantu untuk menemukan dan mengasah bakat bakat yang ada didalam jiwa seseorang untuk lebih mengenal dirinya tentang musik. Banyak dan sangat sering terjadi pada industri musik bahwa banya pemeran dunia hiburan yang hanya terjun dan mengikuti era kepopuleran saja namun bakat dalam berseni musiknya sangat kurang dan hampir tidak ada karena hanya mengandalkan ketampanan atau kecantikan musik. Jadi disini untuk kalangan yang hanya ingin “sekedar bisa” atau pemula kami juga bisa membangtu untuk mengembangkan niat dan keinginannya dalam bermusik. Serta sangat sedikitnya lembaga instansi yang tersuar untuk melayani pembelajaran musik khususnya untuk wilayah Malang. Jadi bisnis ini berperan untuk membuka peran dalam mengembangkan seni musik di kota Malang sendiri.oleh karena itu kami sangat berantusiasi untuk perpastisipasi meyalurkan bakat yang ada untuk kegiatan seni musik yang positif. 1.2 Visi & Misi Usaha Visi : Memabah berkembangnya instansi musik di kota Malang. Misi : Memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik dan tanpa lelah menerima saran dari konsumen demi majunya persaingan blantika musik di kota Malang khususnya. 2. JENIS USAHA 2.1 Tema Usaha Perusahaan bekerja pada bidang pelayanan jasa. 2.2 Nama dan Logo Usaha RIZ-Q STUDIO adalah Lembaga yang mengkhususkan diri untuk melayani jasa masyarakat dalam membantu bimbingan belajar khusus dibidang Seni Musik,selain itu ada pula pelayanan dalam bentuk penyewaan studio musik dan penjualan alat-alat musik. Dalam menyalurkan jasa uang kami punya, kami mempunyai slogan sebagai berikut yaitu Kesenangan Anda adalah PROFESIONALITAS kami.Dalam melayani kosumen kami selalu mengutamakan beberapa aspek dari standart dari pelayanan konsumen, yaitu: 1. Aspek Kwalitas : untuk LBBM kami slalu mempertimbangkan keunggulan dalam pengajaran, agar murid dari mendapat yang terbaik selebihnya untuk urusan barang atau penyewaan kami slalu memberikan barang-barang atau fasilitas dengan standart unggul. 2. Aspek Ekonomis : mempertimbangkan harga dalam paket-paket pengajaran serta memberikan harga seminim mungkin untuk harga barang/persewaan yang kami tawarkan. 3. Aapek Kepuasan konsumen : kami sangat memperhatikan pada aspek kami ini, karena jika dari kedua aspek awal dapat memenuhi syarat dari yang konsumen berikan, kami sangat senang bila pelanggan (murid / penyewa ) merasa sangad puas. Team kami bisa memberikan berbagai macam pilihan paket-paket dalam pengajaran musik yang memudahkan konsumen dalam memilih pelayanan kami. Macam macam paket yang tersedia : • Paket Home (les privat) Untuk tehnik belajar vokal atau alat musik (piano, guitar, bass,dan drum). *syaratnya dari paket home ini Murid harus memiliki alat musik yang ingin dipelajari • Paket Studio PS1 : Untuk tehnik belajar vokal atau alat musik (piano, guitar, bass, dan drum). PS2 : Untuk tehnik belajar band secara bersama-sama *alat musik sudah tersedia Serta 2 pilihan macam studio musik yaitu standart studio dan exclusive studio,dan beberapa tipe dan merk alat musik yang diberikan dalam pemasaran di masyarakat. Contoh merk alat musik antara lain adalah Roland, Yamaha, Cort, Taylor, Casio, Gibson, Fander, Ibanez, Jakson, Squier dll. 2.3 Informatif ( nama, alamat, contact no ) Nama Usaha : RIZ-Q Studio Domisili / alamat tempat usaha : Wilayah Daerah Malang Nomor telepon : (0341)-320356, 085649060440 Pelayanan : Lembaga Bimbingan Belajar Musik, Penyewaan Studio dan Penjualan Alat Musik. 2.4 Logo Usaha 3. ASPEK PEMASARAN 3.1 Gambaran Umum Pasar ( STP ) Target Pasar : segala jenis umur dari berbagai kalangan profesi. Positioning : memberikan layanan yang maksimal dan selalu mengutamakan kepuasan konsumen Permintaan • Perkiraan / prediksi jumlah konsumen (murid, penyewa / pembeli )yang masuk. • Proyeksikan permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang Tahun Murid Penyewa / pembeli 2011 25 500 2012 50 2000 2013 100 5000 3.2 Strategi Perusahaan dan Pesaing Beberapa tehnih yang digunakan untuk mengembangkan bisnis ini: 3.2.1 Quality Strategi agar konsumen merasa puas dan senang dengan kwalitas yang kami berikan antara lain berupa tehnik tehnik pengajaran yang mudah dan senang untuk dipelajaridan diterapkan, serta memberikan fasilitas yang terbaik dari desain maupun merk alat musik untuk studio musik, dan mengambil produk-produk yang akan dijual belikan dalam pemasaran. 3.2.2 Price Strategi agar produk kita lebih diminati oleh konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah tanpa melupakan kualitas konsumen maupun merk produk yang diberikan. Selainnya itu dari segi harga, kita dapat membedakan produk kita berdasarkan harga paket paket yang telah tersedia dan beberapa harga yang berdasarkan merk alat musik tersebut. 3.2.3 Promotion Strategi mengenai bagaimana usaha kami dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :  Public Relation Cara promosi ini cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata konsumen. Umumnya dilakukan oleh perusahaan besar.  Advertising (Iklan) dapat dilakukan melalui media berikut : - Media Cetak : Brosur, spanduk, poster, iklan majalah/koran. - Media TV dan Radio : Iklan TV, Jingle Iklan Radio  Sales Promotion Promosi melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.  Event Dengan cara memberikan promosi pada event event yang banyak mengundang masa, dengan cara memberikan marcendhise atau voucer diskon 4 MACAM DAN RINCIAN PERALATAN Nama Peralatan Jumlah Harga Jumlah harga Gitar & Bass 5 set @Rp.1.500.000 Rp. 7.500.000 Piano 2 set @Rp.7.000.000 Rp. 14.000.000 Microphone 6 set @Rp.100.000 Rp. 600.000 Drum 2 set @Rp.5.000.000 Rp. 10.000.000 Back Sound 2 set @Rp.3.600.000 Rp. 7.200.000 Bahan Kedap Swara 2 set @Rp.1.500.000 Rp. 3.000.000 Perlengkapan alat listrik 2 set @Rp.1000.000 Rp. 2.000.000 Stand Mic 5 buah @Rp.50.000 Rp. 250.000 Stand Book 2 buah @Rp.50.000 Rp. 100.000 Aksesoris 1 unit @Rp.350.000 Rp. 350.000 Pigora+poster hiasan 10 buah @Rp.100.000 Rp. 1.000.000 Tentor dan Pegawai 6 orang @Rp.1.200.000 Rp. 7.200.000 Lain-lain Rp.5.000.000 Rp. 3.500.000 jumlah Rp. 58.200.000 5. ASPEK KEUANGAN Aspek finansial harus diperhatikan juga dalam membuat sebuah bisnis perusahaan. perhitungan kelayakan usaha, termasuk di dalamnya 3 perfoema laporan keuangan: neraca, rugi-laba, dan cash flow. dari proposal bisnis harus dapat memperlihatkan potensi dana yang dimiliki dan kebutuhan dana eksternal. Secara ringkas, dapat diberikan format sederhana perhitungan kelayakan usaha secara finansial sebagai berikut: Sumber Pendanaan Modal pribadi : Rp. 30.000.000 Modal pinjaman : Rp. 38.200.000 6. PENUTUP Usaha yang telah dibahas dalam proposal merupakan usaha menengah ke atas yang berientasi pada bidang Lembaga pembelajaran dan usaha Penyewaan. Maka dengan modal yang begitu besar diharapkan dapat memberikan kwlitas pelayanan, produktivitas, dan kelengkapan fasilitas yang baik.sehingga dapat diharapkan mampu membuka lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak serta dapat bersaing dengan para pesaing dibidang ini. Oleh sebab itu modal usaha yang nantinya akan digunakan sebagai pendukung dalam pengembangan usaha akan digunakan sebaik-baiknya. Dan dengan modal tersebut, usaha ini akan bermanfaat secara optimal untuk pengembang

1 komentar: